Jumat, 20 Februari 2015

Berbagai Macam Jenis Cacing yang Bisa Menyebabkan Cacingan

Penyakit cacingan yang umum menyerang anak-anak atau orang dewasa ternyata tidak hanya berasal dari satu jenis cacing namun bisa jadi berasal dari berbagai jenis. Menurut salah seorang praktisi medis yang berdinas di sebuah klinik kesehatan di Surabaya terdapat macam-macam cacing yang bisa menjadi penyebab cacingan yang sebaiknya anda waspadai.
Berikut ini berbagai macam cacing penyebab cacingan:
·         Cacing cambuk
Cacing cambuk biasa terdapat pada daging yang proses pemasakannya kurang sempurna atau kurang matang. Larva dari cacing ini akan berkembang biak hingga 6 minggu kemudian anak cacing cambuk akan bergerak dan masuk ke dalam aliran darah serta jaringan tubuh juga sel otot rangka lurik. Selain itu yang perlu anda waspadai cacing cambuk bisa menghisap darah sampai 0.005 ml dalam satu hari.
·         Cacing tambang
Cacing ini adalah salah satu cacing yang biasanya menetas pada tanah yang lembab dan dapat masuk kedalam tubuh melalui telapak kaki yang tanpa alas. Cacing ini berukuran sekitar 8 sampai 15 mm dan hidup dalam usus, selain itu seringkali cacing ini juga menggigit dinding usus dan dapat menimbulkan pendarahan. Satu ekor cacing ini bisa menghisap darah mencapai 0.2 ml dalam satu hari.
·         Cacing kremi
Cacing kremi umumnya menyerang anak-anak, cacing ini memiliki warna putih seperti parutan kelapa. Ukuran cacing kremi juga tidak terlalu besar antara 3 sampau 5 mm dan bisa mencapai 10 mm untuk ukuran cacing dewasa. Adanya serangan cacing kremi ditandai dengan adanya rasa gatal pada lipatan dubur atau vulva terutama di malam hari.
·         Cacing gelang
Cacing gelang merupakan jenis cacing yang paling sering menginfeksi tubuh dan bisa bertahan lama di dalam tubuh manusia yaitu antara 1 sampai 2 tahun dengan ukuran bisa mencapai 10 sampai 30 cm. Salah satu jenis cacing ini yang berbahaya yaitu toxocara canis karena jenis ini dapat menyebabkan masalah penglihatan apabila terdapat di mata karena menimbulkan radang dan luka pada retina mata penderitanya. Satu ekor jenis cacing gelang bisa memakan 0.14 gram karbohidrat dan 0.035 gram protein dalam satu hari.
·         Cacing pita

Cacing pita memiliki bentuk yang khas yaitu berbentuk pipih seperti pita dengan kepala kecil dengan kait yang memiliki fungsi untuk meletakkan diri pada dinding usus tubuh manusia dan pada umumnya terdapat pada daging sapi atau daging babi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar