Kamis, 12 Februari 2015

Sumber Lemak Baik Utuk Kesehatan Anda

Bermusuhan dengan lemak karena ingin memiliki tubuh langsing merupakan hal yang biasa dilakukan oleh beberapa orang. Banyak yang menganggap semua lemak sama tidak memiliki perbedaan dan hanya membuat tubuh menjadi gemuk.  Namun ternyata ada jenis lemak yang baik yang dapat memberi manfaat bagi tubuh anda. Dan sumber lemak baik yang cukup mudah untuk diperoleh yaitu :
·         Lemak tak jenuh tunggal
Nama lain dari lemak tak jenuh tungga yaitu mono-unsaturated fat, lemak jeni ini memiliki fungsi menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat atau yang umum disebut LDL. Kadar HDL juga akan meningkat oleh lemak tak jenuh tunggal ini. Sumber lemak baik ini bisa anda dapatkan pada alpukat, berbagai mcam kacang-kacangan, minyak zaitun juga minyak wijen serta minyak canola.
Minyak canola merupakan minyak yang memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal sebanyak 60% juga lemak tak jenuh ganda 34% dan masih ada lemak jenuh sebanyak 6%.  Sedangkan minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal sebanyak 80%, lemak tak jenuh ganda 12% serta 6%.lemak jenuh.
Minyak zaitun ini memiliki berbagai pilihan seperti minyak zaitun, minyak zaitun murni serta minyak zaitun ringan. Jika anda akan menggunakan minyak ini untuk menumis atau memanggang dan menggoreng maka minyak zaitun murni merupakan pilihan yang tepat selain itu minyak ini juga merupakan minyak zaitun yang berasal dari perasan pertama buah zaitun. Minyak zaitun memiliki rasa lebih ringan dibandingkan minyak zaitun murni juga berwarna lebih kuning.
Harga minyak zaitun memang lebih mahal dibanding minyak yang lain, bagi anda yang ingin mengonsumsinya langsung anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk soft capsul yang lebih praktis.
·         Lemak tak jenuh ganda
Lemak tak jenuh ganda biasa disebut dengan poly-unsaturated fat, yang termasuk dalam lemak ini yaitu lemak omega 3 dan lemak omega 6. Contoh lemak omega 3 yaitu EPA dan DHA. DHA merupakan kandungan penting bagi pertumbuhan anak yang jiga dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak.
Sumber lemak baik ini bisa anda dapatkan dari mackerel dan sarden. Ikan salmon juga merupakan sumber lemak tak jenuh ganda yang baik meskipun memiliki harga yang lebih mahal dari mackerel dan sarden.

Omega 6 memiliki peran dalam kesehatan kuku juga kulit dan rambut dan bisa anda dapatkan dalam minyak canola juga minyak jagung dan minyak kedelai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar