Kamis, 02 Oktober 2014

Beberapa Penyebab Bau Badan yang Tak Terduga-duga

Pasti Anda bertanya-tanya ketika sudah mandi teratur tapi bua badan tidak mau pergi. Apa lagi bau kaki setelah seharian memakai sepatu.

Bau badan bisa dihilangkan ketika Anda rutin menggosokkan atau menggunakan deodoran untuk mencegahnya. Apa yang menjadi penyebab bau badan yang sangat membuat kegiatan sehari-hari  menjadi tidak nyaman ini? Ada 7 hal tak terduga-duga yang bisa menyebabkannya seperti yang akan di jelaskan di bawah ini:

1. Stres

Ada berbagai jenis keringat yang di hasilkan oleh tubuh, dan senyawa kimialah yang berbicara, keringat yang bau biasanya bisa akibat dari stres.

Kelenjar apokrin inilah yang dihasilkan oleh kelenjar keringat dalam tubuh. Kelenjar apokrin menghasilkan protein yang bercampur , keringat yang kurang berair dan bakteri yang berasal dari lemak dan inilah yang membuat bau badan. Sementara keringat yang sebagian besar terdiri dari air dan elektrolit keluar setelah berolahraga atau cuaca panas di luar.

2. Bau kaki

Karena setiap harinya Anda memakai kaus kaki dan kaki anda tersimpan di tempat gelap, hangat, dan lembab, hal itu factor utama bakteri dalam kaki betah berlama lama.

Orang yang memiliki keringat berlebih dikakinya karena genetic mencapai 10 sampai 15 persen. Kelembaban di kaki menimbulkan bau mirip belerang yang terjadi karena berkembangnya bakteri jenis tertentu misalkan Micrococcus sedentarius.

3. Memakai bra sama terus menerus

Banyak wanita yang hanya memiliki sedikit bra yang pas dan nyaman saat di pakai sehingga mereka memakainya berkali-kali. Ahli Bra mengatakan, para wanita perlu mencucinya lebih sering dibanding yang Anda pikirkan karena bra itu terbuat dari kain yang membuat bau terperangkap dan menyentuh kulit yang setiap harinya rawan berkeringat. Memilih sering memakai bra sama dan hanya mencucinya sesekali hanya akan menimbulkan bau.

4. Makan brokoli

Biasanya bawang puting dan bawah merah yang diduga menjadi menyebabkan bau bahkan lebih dari sekadar bau mulut. Makanan berbau memang akan memecah senyawa bau yang bereda di dalam aliran darah dan keluar melalui nafas maupun keringat.

Tetapi bawang putih, bawang merah dan bawang bombay bukan satu-satunya penyebab bau. Tetapi, brokoli dan sayuran lain yang termasuk keluarga cruciferous mengandung senyawa bau seperti belerang dan menyebabkan bau badan.

5. Gangguan genetik Trimethylaminuria


Trimetilamina adalah hal yang membuat ikan menjadi bau, dan ketika itu menumpuk di dalam tubuh akan dilepas di nafas dankeringat, sehingga membuat seseorang yang memiliki trimethylaminuria akan berbau amis. Trimethylaminuria terjadi krena mutasi pada gen tertentu. Trimethylaminuria menyebabkan tubuh tak bisa memecah senyawa kimia trimetilamina.Bau yang sangat mengganggu kehidupan sehari-hari bagi penderitanya ini dapat menyebabkan depresi dan isolasi sosial.

6. Minuman beralkohol

Minumal beralkohol akan membuat Anda berkeringat ketika dikonsumsi. Saat Anda minum minuman Beralkohol, alkohol yang  terkandung dalam minuman tersebut akan masuk dan melalui darah di seluruh tubuh, kemudian beberapa keluar melalui pori-pori kulit, dan melalui napas Anda. Apapun jenis alkohol yang Anda minum, saat tubuh memecahnya bau yang ditimbulkan bisa sama.

7. Penyakit diabetes


Bila diabetes tidak segera diobati, Anda akan mengalami ketoasidosis diabetikum. Tubuh yang tidak cukup insulin akan mulai memecah lemak sebagai bahan bakar, yang kemudian menyebabkan terbentuknya keton di dalam tubuh. Penumpukan tersebut bisa menghasilkan bau dan mungkin itulah tanda Anda perlu konsultasi dan berobat ke dokter.

Beberapa orang juga mengalami perubahan yang sama dalam bau badan ketika beralih dari diet berat ke diet rendah karbohidrat. Salah satu efek samping diet rendah karbohidrat yaitu bau nafas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar