Jumat, 31 Oktober 2014

Bahayanya Bau Mulut


Apakah mulut sehat sama dengan tubuh sehat? Apakah Anda sudah mengetahui jika penyakit kronis seperti stroke dan jantung bisa bermula dari mulut yang tidak sehat?
Mulut bisa diibaratkan seperti gerbang di rumah. Apabila tidak dijaga dan diawasi dengan baik maka segala macam benda asing dapat masuk tanpa penghalang. Secara otomatis mulut tidak sehat akan berdampak pada gigi yang tidak sehat pula. Padahal gigi Anda adalah tempat bersarangnya sumber penyakit yang bisa membahayakan tubuh Anda. Jadi sudah bisa terbayang penyakit apa saja yang akan mengintai jika Anda tidak menjaga kesehatan mulut yang menadji gerbang kesehatan Anda?
Semua hal tersebut bermula dari bakteri dan sisa-sisa kotoran maupun mikroba yang bersemayam di dalam gigi sehingga menimbulkan infeksi kronis di dalam gigi Anda. Apabika kondisinya sudah sudah seperti ini maka penyebaran penyakit pada organ lain dalam tubuh dapat terjadi dengan mudah dan cepat. Kondisi kekebalan tubuh yang sedang melemah akan semakin mempercepat penyebaran penyakit-penyakit yang baru masuk dalam tubuh.
Indikasi mulut yang tidak sehat antara lain bau mulut tidak sedap, sariawan dan gusi yang mengeluarkan darah. Halitosis atau masalah bau mulut itu sendiri acap kali disebabkan karena kurangnya perawatan gigi dan mulut.
Gejala-gejala awal tersebut bisa Anda hindari jika Anda mau menyisihkan 2 menit dalam 24 jam saja untuk menggosok danmerawat gigi. Kualitas bulu sikat gigi juga memiliki peran penting dalam perawatan, apabila kondisi bulu sikat gigi yang tidak baik atau sudah rusak juga akan memperparah kondisi gigi dan mulut Anda. Hal itu disebabkan bulu sikat yang sudah di tidak baik akan menyulitkan proses penyapuan sisa makanan yang menempel di rongga gigi. Dan akhirnya sisa makanan tersebut membusuk sehingga sedikit demi sedikit mengakibatkan proses infeksi da dalam gigi dan rongga mulut.
Banyak yang menyepelekan sariawan yang bersemayam di mulut namun mulai saat ini mulailah untuk hati-hati karena apabila sariawan telah bersekutu dengan virus herpes yang ada di dalam mulut maka akan Anda beresiko terkena serangan jantung yang sangat tidak diinginkan.
Terdapat beberapa peneliti yang telah membuktikan bahwa beberapa orang yang terinfeksi herpes simplex 1 (HSV1) ternyata juga memiliki resiko terkena serangan jantung di kemudian harinya. Penelitian ini membutuhkan waktu hingga 4 tahun dalam memonitor beberapa penderita sebagai objek penelitiannya.
Para peneliti tersebut berhasil membuktikan bahwa semuanya berawal dari HSV1 yang berdiam di sistem nerves hingga akhirnya menimbulkan stres dan berujung pada timbulnya sariawan. Selain itu mereka juga mencurigai bahwa saat virus tersebut aktif maka akan timbul respon pada saraf di arteri jantung yang akan memicu gumpalan yang akan sangat berbahaya.
Gusi yang mengeluarkan darah juga menjadi salah satu indikator bahwa mulut dalam kondisi yang tidak sehat. Kondisi ini pada umunya disebabkan karena rapuhnya pembuluh darah di gusi yang disebkan adanya infeksi. Pada akhirnya bukan hanya gusi berdarah saja yang akan Anda alami namun bisa juga penyakit mematikan seperti kanker juga masuk ke dalam tubuh Anda.

Penelitian yang dilakukan telah membuktikan sebanyak 52.000 pria yang memiliki gusi yang sudah terinfeksi memiliki kecenderungan terkena kanker pankreas sebanyak 63 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang mulutnya sehat dan bebas infeksi. Karena bakteri akan bereaksi terhadap senyawa-senyawa yang berhubungan dengan pencernaan untuk membentuk suatu kondisi yang rentan terhadap pertumbuhan sel-sel kanker yang ada di dalam mulut atau tubuh Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar