Minggu, 23 November 2014

5 Bagian Tubuh Yang Menimbulkan Bau

Bau yang dikeluarkan dari beberapa bagian tubuh kita sebenarnya bukanlah masalah yang serius, namun terkadang hal ini membuat seseorang tidak nyaman dan tidak percaya diri ubtuk berbaur dengan lingkungan sekitar. Beberapa bagian tubuh yang mengeluarkan bau yaitu mulut, ketiak serta kaki dan kepala juga selangkangan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya bau serta cara meminimalkan resiko dan cara mencegah munculnya bau yang berasal dari tubuh kita.
1. Bau Rambut
Pada kepala manusia terdapat dua macam kelenjar yaitu kelenjar rambut dan kelenjar keringat. Biasanya bagi yang sering beraktifitas diluar rumah atau memakai topi serta suka naik motor menggunakan helm atau pun rutin berolah raga. Selain itu apabila suhu udara cukup panas maka tentu saja rambut menjadi lebih lembab karena keringat yang keluar dari kuit kepala. Keadaan rambut yang lembab itulah yang menjadi penyebab bakteri dan bakteri itulah yang menyebabkan bau yang keluar dari rambut. Sebab itulah untuk menimimalkannya yaitu dengan cara keramas secara rutin. Untuk Anda para wanita rajinlah keramas 2 hari sekali atau bagi pria dianjurkan sekali dalam satu hari.
2. Bau Mulut
Masalah bau mulut biasanya berasal dari sisa makanan yang kita makan selama seharian atau adanya luka pada gusi atau bisa juga pada gigi atau sariawan yang menyerang mulut anda. Luka yang terjadi di dalam mulut tersebut biasanya menghasilkan enzim yang akan menimbulkan reaksi kimia didalam mulut sehingga akan menyebabkan mulut menjadi bau. Cara paling gampang untu mengobatinya yaitu dengan menggosok gigi atau gunakan mouthwash rutin setiap hari. Selain itu gunakanlah alat pembersih lidah agar mengurangi bakteri yang tinggal di dalam lidah kita sehingga akan mengurangi bau mulut.
3. Bau Kaki
Sudahkah Anda tahu bahwa kaki dapat menghasilkan keringat sebanyak 1 liter dalam satu hari. Apabila Anda bekerja dari pagi sampai malam dan hanya menggunakan satu kaus kaki saja dan cuaca sedang panas atau sedang hujan dan becek sehingga kaus kaki dan sepatu menjadi lebih lembab. Kodisi seperti itu tentu akan menyebabkan penumpukan keringat pada kaus kaki dan hal inilah yang dapat mengundang kuman dan jamur pada kaki sehingga akhirnya akan menimbukan bau kaki. Untuk meminimalkan masalah ini maka seringlah mengganti kaus kaki dan gunakanlah kaus kaki yang berbahan katun yang dapat menyerap keringat kaki dengan baik. Selain itu cuci kaki dan jangan mengenakan sepatu saat kaki Anda dalam kondisi basah. Ada satu tips lain yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi bau kaki yaitu dengan menggunakan air teh untuk merendam kaki Anda, lakukan terapi ini selama 20 menit. Hal ini berguna untuk mengecilkan pori pori pada kaki sehingga akan mengurangi prosuksi keringat.
4. Bau Selangkangan
Timbulnya bau pada selangkangan biasanya disebabkan oleh keringat. Cara untuk menghilangkan baunya yaitu dengan memilih pakaian dalam, lebih baik jika menggunakan pakaian dalam yang berbahan katun sehingga dapat menyerap keringat di selangkangan dengan baik. Selain itu juga rutinlah mandi 2 kali sehari dan ganti pakaian dalam Anda apabila selangkangan Anda sudah terasa lembab.
5. Bau Ketiak
Benarkah rebusan daun sirih dapat menghilangkan bau ketiak? Sebenarnya daun sirih mengandung antiseptik yang dapat mengurangi populasi kuman dan bakteri bahkan jamur. Namun tergantung jamur yang ada karena ada kemungkinan jamur tersebut yaitu penyakit kulit, jika kondisinya seperrti itu maka jangan menggunakan daun sirih apalagi jika terdapat luka.
Untuk mengurangi bau tubuh kita intinya yaitu selalu menjaga kebersihan tubuh. Semoga penjelasan diatas bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar