Rabu, 19 November 2014

Tips Ampuh Menghilangkan Bau Kaki

Bau kaki yang tidak sedap sangat menjengkelkan dan membuat orang menjadi minder untuk berdekatan dengan irang lain. Bau kaki dapat menyerang siapa saja baik pria maupun wanita.
Beberapa ahli kesehatan dan kecantikan berpendapat masalah aroma tak sedap dari kaki umumnya disebabkan oleh bakteri dan jamur di dalam sepatu, yang akhirnya masuk lewat kulit karena kelembaban di saat menggunakan sepatu . Anda tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa diatasi dengan beberapa cara berikut ini:
1. Gunakan antiperspirant di telapak kaki
Antiperspirant yaitu kosmetika yang digunakan untuk mempersempit pori sehingga akan mengurangi keluarnya keringat dari telapak kaki. Obat ini ampuh digunakan untuk mengatasi bau pada ketiak dan telapak kaki. Antiperspirant memiliki fungsi untuk memblok saluran yang akan menuju ke kelenjar keringat. Hal tersebut akan membantu mencegah keringat mencapai kulit dan membantu mengurangi bau yang  berasal dari keringat.
2. Cuci kaki menggunakan air dan baking soda
Masukkan sedikit baking soda untuk sabun dan air dan gunakan unuk mencuci kaki. Baking soda dalam campuran ini tidak akan mengurangi keringat namun dapat mengurangi jumlah bau. Baking soda juga akan membantu menyerap sebagian bau yang tidak menyenangkan jika And gunakan untuk mencuci kaos kaki dan sepatu.
3. Konsumsi suplemen Zinc dan Magnesium
Apabila tubuh kekurangan mineral tertentu seperti zinc dan magnesium maka dapat menyebabkan peningkatan bau badan itulah pendapat dari para ilmuwan. Anda dapat meningkatkan zinc dengan mengonsumsi makanan daging sapi, daging ikan salmon juga biji labu dan berbagai macam yogurt. Sementara sumber magnesium pada makanan bisa ditemukan pada beras merah serta kacang hitam dan juga kacang almond.
4. Kaus kaki berbahan katun
Apabila bau kaki selalu menjadi masalah klasik Anda maka gunakanlah kaus kaki ketika Anda mengenakan sepatu di setiap hari Anda. Tanpa mengenakan kaus kaki maka keringat di kaki biasanya akan meluncur langsung ke sepatu. Kaus kaki akan membantu Anda menyerap keringat dan dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dalam sepatu. Kaus kaki yang berbahan dasar katun atau wol merupakan pilihan terbaik, karena kedua bahan tersebut akan menyerap keringat lebih baik dibanding kaus kaki berbahan nilon. Pastikan kaki benar-benar dalam kondisi kering sebelum memaki kaus kaki karena memakai kaus kaki saat kaki masih basah dapat menyebabkan kaki lembab dan akan memicu bau tak sedap.
5. Masukan kertas pengering di dalam sepatu
Kertas pengering di dalam sepatu mungkin masih tampak aneh namun hal ini dapat membantu Anda menyerap bau kaki. Lembar pengering tersebut akan membantu menghilangkan bau tidak sedap dan menjaga sepatu tetap berbau segar.
6. Gunakan obat kumur
Obat kumur tidak hanya bisa membuat nafas lebih segar namun juga dapat digunakan untuk menjaga kaki Anda supaya tidak bau lagi. Rendam kaki ke dalam air yang dicampur dengan obat kumur sekali dalam satu hari. Obat kumur tersebut akan membantu Anda menghilangkan bakteri di kaki dengan cara yang sama ketika membunuh bakteri di dalam mulut. Namun jika cara ini cukup aneh untuk Anda bisa menggosok kaki dengan kapas yang sudah direndam obat kumur sebelumnya.
7. Lumuri kaki menggunakan tepung maizena
Anda bisa menaburi tepung maizena pada kaki sebelum Anda memakai kaus kaki. Tepung maizena yang dilumurkan tersebut dapat membantu menyerap keringat yang menjadi penyebab bau. Namun pastikan kaki Anda benar-benar kering sebelum melumurinya dengan tepung maizena dan jangan lupa melumuri sela-sela jari kaki.
8. Sesering mungkin mengganti sepatu dan kaos kaki
Sering mengganti sepatu dapat membantu mengurangi bau tak sedap dari kaki Anda. Setidaknya cobalah menghindari mengenakan sepasang sepatu yang sama dalam dua hari berturut-turut.
9.Cuci kaki dengan air hangat

Mencuci kaki menggunakan air hangat setiap akan dan selesai bersepatu agar kotoran bersih dan kelembaban saat bersepatu dapat berkurang sehingga bibit jamur penyebab bau akan berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar