Rabu, 26 November 2014

Obati Infeksi Telinga Pada Anak Menggunakan Vitamin D

Infeksi telinga bisa sangat terasa menyakitkan dan membuat Anda frustrasi. Sebuah studi yang sudah selesai baru-baru ini menunjukkan bahwa meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh dapat mengurangi terjadinya infeksi telinga kambuhan yang biasanya terjadi pada anak-anak, terutama pada anak yang memiliki tingkat vitamin D sangat rendah. 75 persen dari semua anak mengalami infeksi telinga dan pada usia 1 tahun dan 60 persen anak-anak akan mengalami setidaknya satu kali infeksi telinga.
Menurunkan terjadinya infeksi telinga dengan cara menambah kadar serum vitamin D
Peneliti yang mengamati 116 anak-anak yang mengalami radang telinga tengah atau otitis media kambuhan. Penyakit otitis media kambuhan ini didefinisikan sebagai tiga kejadian atau lebih dalam 6 bulan sebelum penelitian atau empat kejadian atau lebih dalam 12 bulan sebelum penelitian dilakukan.
Rata-rata usia peserta penelitian ini adalah kuranglebih 34 bulan, sebagian besar peserta penelitian ini berkulit putih dan lebih dari 80 persen dari masing-masing kelompok telah menerima Pneumococcal conjugate vaccine atau biasa disingkat PCV, PVC adalah sebuah vaksin yang digunakan untuk melindungi bayi dan balita dari ancaman penyakit yang disebabkan bakteri Streptococcus pneumoniae. Lebih dari 72 persen peserta dari kelompok uji dan 84 persen dari kelompok plasebo telah disusui selama tiga bulan bahkan lebih. Anak-anak yang menjadi peserta penelitian tersebut diberikan vitamin D dosis 1000IU dan plasebo untuk diminum selama 4 bulan secara rutin. Seluruh kelompok tersebut kemudian dipantau selama 6 bulan untuk mengetahui kejadi otitis media akut yang mungkin terjadi.
Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa jumlah anak-anak yang memiliki satu kejadian atau lebih otitis yang sudah masuk dalam media akut secara signifikan jumlahnya lebih rendah pada kelompok yang diberikan vitamin D dibandingkan dengan kelompok anak placebo. Kejadian otitis yang sudah masuk dalam media akut yang rumit secara signifikan juga dapat menurun.
Salah satu peneliti mencata bahwa terdapat 80 persen anak-anak dalam penelitian tersebut memiliki dasar serum kadar vitamin D yang kurang dari 0 ng/mL. Semua anak yang diteliti kecuali dua dari anak-anak dalam kelompok vitamin D diketahui mengalami peningkatan sampai lebih dari 30 ng/mL. Jadi apabila ada pasien anak yang mengalami otitis media kambuhan sebaiknya periksa kadar serum vitamin D sang anak. Apabila kadarnya rendah maka bisa dipertimbangkan untuk diberikan obat untuk menambahnya.
Jika Anda sebagai orangtua yang memiliki anak dengan infeksi telinga kambuhan maka Anda dapat meminta dokter untuk memeriksakan kadar vitamin D anak Anda dan mengkonsultasikannya, apakah perlu ditambahkan vitamin D atau tidak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar