Jumat, 28 November 2014

Inilah Penyebab Rambut Bau

Rambut yang indah dan wangi sepanjang hari merupakan impian semua orang terutama para wanita. Bagi para wanita rambut adalah mahkota yang harus senantiasa bersih, harum dan tertata rapi. Namun ada kalanya sejumlah wanita merasa kuatir karena kondisi rambutnya mengeluarkan bau yang tidak sedap. Walaupun rajin keramas bahkan hamper setiap hari keramas namun tetap saja bau apek melekat pada rambut. Jika Anda juga merasakan masalah ini mungkin Anda sedang menderita Sindroma Rambut Bau atau biasa disingkat SHS, masalah ini adalah suatu kondisi yang membuat penderitanya merasa malu dan tertekan untuk selalu menjadikan rambutnya wangi dan terlihat segar.
Gejala yang biasa dialami penderita SHS sangat jelas terlihat. Sebagian dari penderita SHS merasa rambutnya berbau seperti spons lama atau yang lebih parah seperti anjing basah dan sering pula yang menyerupai bau jamur. Tapi banya penderita SHS melaporkan bau yang terjadi pada rambut mereka yang tidak sedap itu seperti aroma keringat yang sangat asam. Sebab itu mereka yang menjadi korban dari SHS selalu berusaha mencuci dan membersihkan rambutnya walaupun merasa aroma tidak sedap tetap menempel pada rambut. Masalah ini akan menyebabkan beberapa penderita merasa tidak percaya diri dengan kondisi yang dialaminya ini, rasa sangat malu dan bahkan yang lebih berbahaya akan mempengaruhi kehidupan sosial mereka terutama dalam hubungan asmara dengan pasangan.
Oleh sebab itu kita perlu mencari tahu apa yang dapat dilakukan para penderita SHS untuk menyembuhkan maslah ini. Trichologist atau ahli rambut dan kulit kepala mengatakan bahwa sindroma disebabkan ada kelenjar sebaceous yang melekat pada folikel rambut yang kemudian akan memproduksi minyak berlebih. Rambut yang berminyak akan lebih rentan terkena bau dari polusi yang terjadi di lingkungan seitar seperti bau asap juga bau aroma masakan kuat dan berbagai macam bau lainnya.
Seseorang yang memilik rambut kasar lebih rentan untuk mengalami sindrom ini karena dengan kondisi rambut seperti itu akan menyebabkan rambut menyerap lebih banyak minyak. Selain itu perubahan tingkat hormone juga dapat menyebabkan masalah bau rambut meski tidak memiliki riwayat rambut berminyak di masa yang lalu. Di saat mengalami stress hormone androgen akan menyebabkan produksi minyak di dalam rambut menjadi berlebih. Selain hal itu tumor yang menyekresi androgen di kelenjar pituitary juga kelenjar adrenal atau ovarium akan menimbulkan terjadinya ketidakseimbangan hormon. Selain beberapa hal yang sudah disebutkan tadi rambut yang berlebihan atau jerawat juga berpotensi menyebabkan bau yang berasal dari rambut.
Salah sorang ahli rambut mengatakan obat terbaik untuk masalah SHS adalah mencuci rambut secara teratur dengan cara yang tepat. Jika memang diperlukan lakukan dua kali sehari dengan shampo lembut untuk membersihkan ramput tanpa terjadi pengelupasan rambut. Selain itu hindari menggunakan kondisioner di dekat akar rambut karena hal ini akan memperburuk kondisi kulit yang berminyak dan dengan demikian akan menyebabkan bau. Kelebihan sebum rambut akibat dari diet yang kaya makanan pedas seperti kari pedas atau ikan berminyak juga dapat menimbulkan aroma tak sedap yang keluar dari  rambut. Usahakan untuk tetap dalam kondisi rileks juga percaya diri dan memperbaiki hal-hal yang mungkin telah Anda lakukan tapi malah memperburuk kerusakan dalam rambut Anda. Selalu tanamkan rasa rprcaya bahwa Anda akan mendapatkan rambut dengan aroma yang harum dan sehat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar