Minggu, 16 November 2014

5 Cara Mudah Mengatasi Pecahnya Kista

Kista ovarium adalah penyakit yang tidak membahayakan tubuh para wanita. Dalam beberapa kasus, kista ditemukan menghilang dengan sendirinya pada tubuh wanita tanpa diobati . Kista yang membahayakan yaitu kista yang ukuran semakin membesar dan berpotensi pecah, sehingga cairan dalam kantung-kantung akan menyebar ke tubuh penderitanya. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi kista ovarium yang pecah sehingga tidak akan membahayakan kesehatan Anda.
5 cara gampang mengatasi kista ovarium pecah atau ruptur :
1.  Mempelajari Sifat Kista Ovarium
Beberapa wanita yang mengalami kista ovarium mengalami nyeri di perut bagian bawah. Pada dasarnya kista adalah kelainan pada ovarium yang berisikan cairan dalam kantung kantung. Disaat pecah kista dapat mengancam jiwa penderitanya. Walaupun di dalam beberapa kasus kista akan hilang dengan sendirinya tanpa dilakukan pengobatan. Penting untuk anda mempelajari sifat kista ovarium dengan cara konsultasi dengan dokter ahli.
2.  Sadari Gejalanya
Untuk meminimalkan resiko kista ovarium pecah sebaiknya Anda mengetahui gejala yang mungkin mengindikasikan kista ovarium ruptur termasuk rasa sakit juga sakit di panggul, nyeri saat hubungan intim, mual juga muntah, nyeri di bagian payudara serta merasakan kepenuhan apda perut dan terasa tekanan di dubur. Apabila Anda merasakan salah satu dari gejala tersebut maka hubungi dokter untuk segera mendapatkan hasil pemeriksaan dan penanganan yang terbaik.
3.  Cepat Bertindak
Disaat ovarium kista pecah sangat penting untuk memiliki penanganan medis sesegera mungkin untuk menilai kerusakan dajugan komplikasi lain yang mungkin terjadi. Terdapat kebutuhan mendesak untuk mendapatkan situasi stabil sehingga perawatan medis yang tepat akan meminimalkan efeknya. Apabila gejalanya tidak terlalu parah maka pergi ke dokter kandungan untuk mendapatkan pengujian dan intervensi yang tepat terhadap penyakit tersebut.
4.  Pengujian
Pengujian untuk menilai seberapa besar kemungkinan pecahnya kista ovarium bisa mencakup pemeriksaan USG atau laparoskopi untuk menilai ovarium dan tuba fallopi yang diderita. USG adalah prosedur yang menggunakan gelombang suara untuk menilai jaringan dan struktur sang pasien. Selama Anda dalam proses laparoskopi dokter bedah membuat sayatan kecil di perut untuk memeriksa  kista sehingga dapat membantu dalam menentukan hasilnya.
5.  Memikirkan Pembedahan
Perlakuan yang dibutuhkan tergantung pada ukuran, jenis, usia juga gejala kista. Apabila Anda tidak memiliki gejala namun USG menunjukkan Anda memiliki kista berisi cairan maka dokter Anda dapat memilih untuk menindaklanjuti dengan sonogram secara teratur untuk menilai perubahan dalam ukuran kista tersebut. Untuk mencegah kista di masa yang akan datang dokter mungkin meresepkan pil KB yang juga menurunkan risiko berkembangnya kanker ovarium. Jika kista sudah cukup besar untuk menyebabkan rasa sakit dan gejala lainnya perlu untuk memikirkan melakukan pembedahan. Diagnosis cepat juga perawatan terukur meningkatkan peluang Anda untuk hasil yang sukses dan terbaik.

Wlaupun kista bisa dipengaruhi oleh factor keturunan namun penting untuk menjaga kesehatan dengan pola hidup yang sehat sekain itu pilihlah kontrasepsi yang dikonsultasikan dengan bidan sesuai dengan kecocokan tubuh anda dan hindari mengkonsumsi minuman beralkohol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar