Rabu, 28 Januari 2015

Ketahui Pola Tidur dan Cara Atasi Tidur Mendengkur

Sangat penting mengetahui pola tidur dan dengkuran anda tidur. Posisi saat anda tidur akan mengungkapkan lebih banyak hal termasuk menjawab pertanyaan mengapa anda bisa mendengkur saat tidur, seperti berikut ini :
·         Jika anda mendengkur dengan mulut tertutup maka hal itu menunjukkan adanya masalah pada lidah anda.
·         Jika mendengkur dengan mulut terbuka maka kondisi ini menunjukkan adanya masalah dengan jaringan pada tenggorakan anda.
·         Mendengkur saat tidur telentang dinilai ringan namun cukup mengubah kebiasaan tidur dan gaya hidup anda yang lebih baik.
·         Apabila anda mendengkur di semua posisi tidur maka kebiasaan tersebut menunjukkan dengkuran anda lebih parah dan anda membutuhkan penanganan yang komperehensif.
Penanganan mandiri yang bisa anda lakukan
Ada berbagai hal yang bisa anda lakukan sendiri agar anda bisa berhenti dari kebiasaan mendengkur. Usaha-usaha yang bisa dilakukan tersebut termasuk mengubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat.
·         Menurunkan berat badan yang sudah berlebih
Dengan menurunnya berat badan walaupun hanya sedikit bisa mengurangi jaringan lemak di bagian belakang tenggorokan anda dan akhirnya akan mengurangi bahkan bisa membuat anda berhenti mendengkur.
·         Olahraga
Selain bisa menurunkan dapat berat badan berolahraga akan bermanfaat positif bagi bagian tubuh anda seperti lengan, kaki juga perut serta membantu mengencangkan otot di tenggorokan anda yang akhirnya akan mengatasi masalah dengkuran.
·         Berhenti merokok
Jika anda merupakan seorang pecandu merokok maka peluang anda untuk mendengkur lebih tinggi. Karena merokok dapat menyebabkan penyempitan saluran udara akibat adanya iritasi pada selaput yang ada di hidung dan juga tenggorokan.
·         Hindari minuman beralkohol
Mengonsumsi alcohol atau obat tidur dan obat penenang bisa menyebabkan pengenduran otot-otot di tenggorokan dan akan mengganggu pernapasan. Bagi anda yang membutuhkan obat tidur dan penenang konsultasikanlah lebih lanjut kepada dokter karena ada beberapa jenis obat tidur atau penenang yang bisa membuat mendengkuran anda menjadi lebih parah.
·         Pola tidur yang teratur
Tetapkan jam tidur anda juga pastikan anda mendapatkan durasi tidur dan kualitas tidur yang baik. Jika tidur anda berkualitas maka hal itu bisa meminimalkan risiko mendengkur.
·         Hindari makanan berat dan kafein sebelum tidur
Pastikanlah untuk tidak mengonsumsi makanan atau minum minuman berkafein dua jam sebelum waktu tidur anda. Berbagai produk susu dan susu kedelai juga merupakan daftar yang sebaiknya tidak anda konsumsi sebelum anda tidur.
·         Jaga udara kamar tidur
Jagalah keadaan kamar tidur anda agar tetap dalam kondisi yang lembab, anda bisa menggunakan humidifier atau alat pelembab udara dalam kamar tidur anda. Karena udara yang kering dalam kamar anda bisa mengiritasi selaput di hidung dan tenggorokan yang akan memperbesar peluang anda untuk tidur mendengkur.
·         Pastikan hidung tidak tersumbat
Hidung yang tersumbat bisa membuat proses penghirupan udara akan lebih sulit sehingga membuat tenggorokan akan mengalami kekosongan akibat tidak adanya udara di dalamnya. Hal ini yang pada akhirnya akan membuat anda tidur mendengkur. Untuk mengatasi masalah hidung tersumbat anda bisa menghirup uap air panas atau minyak kayu putih bisa juga dengan minum jeruk nipis hangat, berkumur mengunakan air garam dan berbagai cara lain.
·         Tidur menyamping
Hindari tidur dalam posisi telentang karena hal tersebut akan membuat lidah dan jaringan lunak di mulut anda semakin menuju ke dalam juga akan menyumbat aliran udara yang ingin masuk dan akhirnya akan menyebabkan tidur dalam keadaan mendengkur.
·         Posisi kepala lebih tinggi

Memposisikan kepala lebih tinggi dari badan beberapa inci saat anda tidur dapat mempermudah pernapasan anda dan mendorong lidah juga rahang untuk bergerak lebih ke depan. Oleh karena itu gunakanlah bantal saat anda tidur. Saat ini sudah banyak tersedia bantal khusus yang dapat mencegah tidur mendengkur juga memastikan otot leher tidak mengkerut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar