Minggu, 04 Januari 2015

Amankah Konsumsi Tanaman Obat Untuk Kesehatan?

Saat ini sudha banyak orang yang mulai beralih pada pengobatan herbal karena dinilai lebih aman dan tidak memiliki efek samping. Obat herbal yaitu obat-obatan yang berasal dari tanaman dan diproses sesuai standarisasi yang berlaku. Namun sebenarnya amankah penggunaan tanaman obat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan?
Tanaman obat sudah ada dan digunakan sejak zaman dahulu sebagai media pengobatan. Namun seiring perkembangan dunia pengobatan maka obat-obatan yang berasal dari tanaman herbal mulai diolah dan dikemas dalam bentuk modern sehingga penggunaannya tidak rumit. Jika dahulu orang mengonsumsi obat tradisional dengan cara direbus ataupun serbuk yang diseduh. Saat ini seiring berkembangnya ilmu dan teknologi maka bentuk fisik dari obat tradisional sudah mengalami perubahan yakni menjadi cair kapsul bahkan tablet.
Anda bisa menemukan jawaban dari pertanyaan diatas  dari definisi Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan yang membedakan obat tradisional yang beredar di Indonesia menjadi 3 jenis, yaitu jamu, obat herbal berstandar dan Fitofarmaka.
Jika jamu adalah obat tradisional Indonesia yang berasal dari bahan-bahan berkhasiat yang sudah turun temurun digunakan sebagai obat tradisional dan sudah terkenal manfaatnya seperti beras kencur, kunyit asam, cabe puyang, kunci sirih, temulawak juga brotowali dan lainnya.jenis obat herbal berstandar merupakan obat yang berasal dari bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan bahan baku yang telah di standarisasi sebelumnya. Fitofarmaka merupakan standar yang lebih tinggi dari obat herbal dimana ia merupakan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan juga uji klinik.
Jadi jika ada pertanyaan lagi, amankah penggunaan tanaman obat? Anda bisa menjawab aman asalkan memperhatikan beberapa hal ini :
Pastikan obat yang dikonsumsi sudah terdaftar di BPOM sehingga sudah teruji keamanannya.
Apabila Anda sedang dalam proses pengobatan sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum memutuskan menggunakan obat-obatan herbal untuk menghindari interaksi dengan obat-obatan lainnya yang Anda konsumsi.
Khusus untuk ibu hamil dan menyusui harus memastikan terlebih dahulu obat herbal yang dikonsumsi aman bagi ibu hamil atau menyusui.

Jangan asal memberikan obat herbal pada anak tanpa pengawasan dokter karena pada umunya obat herbal tidak di uji kepada anak-anak kecuali terdapat dosis yang memang aman untuk anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar