Kamis, 29 Januari 2015

Penyebab Seseorang Tidur Mendengkur

Ada beberapa orang yng sering mendengkur disaat mereka sedang tidur. Tinggi rendah volume dan frekuensi dengkuran seseorang bisa menunjukkan apakah dia mempunyai gangguan tidur yang bisa mengancam nyawanya atau tidak seperti apnea tidur obstruktif atau Obstructive Sleep Apnea yang biasa disingkat OSA. Gangguan tidur tersebut berpotensi menghentikan pernapasan atau membuat pernapasan anda menjadi lebih dangkal.
Dengkuran yang keras merupakan gejala paling umum dari terjadinya apnea tidur obstruktif yang terjadi pada banyak orang. Beberapa penderita masalah ini tidak menyadari bahwa mereka mendengkur karena mereka jarang terbangun oleh suara dengkuran yang dihasilkannya sendiri. Gangguan tidur akan terjadi pada pasien yang mengalami keterbatasan pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuhnya disaat dia tidur malam maupun di siang hari.
Berikut ini beberapa alasan mengapa seseorang bisa tidur mendengkur
Tidur mendengkur didorong oleh terjadinya penyempitan saluran udara baik di tenggorokan atau lubang hidung yang akan mengontrol jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh seseorang. Sebenarnya suara dengkuran seseorang disebabkan oleh getaran yang dibuat oleh udara karena usahanya untuk bisa masuk ke dalam tubuh melalui langit-langit mulut juga uvula, lidah, tonsil danatau otot-otot yang ada di dalam tenggorokan ujar Dr. Joseph Mercola yang merupakan dokter dan ahli bedah berlisensi.
Jika udara yang dihirup tidak dapat bergerak bebas melalui hidung dan mulut disaat anda tidur maka kemungkinan besar anda akan mendengkur saat anda tidur.
Terdapat beberapa faktor yang penyebab seseorang untuk menjadi pendengkur dan beberapa diantaranya seperti yang akan dijabarkan berikut ini :
·         Umur
Seirirng bertambahnya umur seseorang yang semakin tua tenggorokan akan menjadi lebih sempit dan kekencangan otot di tenggorokan juga akan semakin menurun.
·         Kondisi tubuh tertentu
Pria memiliki saluran udara lebih sempit dibandingkan wanita jadi pria memiliki kemungkinan lebih untuk mendengkur. Tenggorokan yang sempit juga langit-langit mulut yang terbelah serta kelenjar gondok yang semakin membesar dan beberapa atribut fisik lainnya juga menjadi faktor lain mengapa seseorang mendengkur dan hal ini memiliki sifat yang bisa diturunkan.
·         Masalah hidung dan sinus
Udara yang terhalang untuk masuk akibat dari adanya permasalahan pada hidung dapat membuat proses pernapasan menjadi lebih sulit sehingga menyebabkan seseorang mendengkur.
·         Kelebihan berat badan atau obesitas
Jaringan lemak yang terdapat pada tubuh dan juga otot yang lemah juga memiliki kontribusi menyebabkan dengkuran.
·         Gaya hidup yang tidak sehat
Gaya hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi minuman alkohol dan merokok dapat meningkatkan relaksasi otot yang akan mendorong anda untuk lebih mudah mendengkur. Hal ini juga akan berlaku pada anda yang mengonsumsi obat-obatan tertentu.
·         Posisi tidur
Posisi tidur telentang dapat menyebabkan daging tenggorokan anda menjadi rileks dan terblokirnya saluran udara sehingga kondisi ini dapat menyebabkan anda tidur mendengkur.
Ada banyak piranti atau alat-alat yang beredar di pasaran yang mengklaim bisa mengatasi masalah dengkuran. Namun sayangnya banyak diantaranya masih belum dapat terbukti keampuhannya. Para ahli lebih menekankan pada teknik-teknik tertentu yang telah terbukti keefektifannya walaupun hasilnya berbeda pada setiap orang tergantung usaha yang dilakukannya dan juga gaya hidup.

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu mengetahui apa yang menjadi penyebab mengapa anda tidur mendengkur. Catat pola tidur anda dengan meminta bantuan dari anggota keluarga atau menggunakan rekaman visual disaat anda sedang tidur. Hal ini dilakukan agar bisa diketahui pola dengkuran tidur yang anda alami. Dengan mengetahui pola dengkuran bisa memperjelas penyebab mendengkuran saat tidur juga apa yang membuatnya bertambah parah dan hal ini akan semakin mempermudah penanganan yang akan anda lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar