Selasa, 30 Desember 2014

Berbagai Penyebab Telinga Gatal dan Cara Pengobatannya

Anda harus waspadalah juka telinga Anda sering gatal, karena hal ini bisa jadi t merupakan gejala dari penyakit serius yang berawal dari telinga anda. Simak uraian penyebab telinga gatal dan pengobatannya berikut ini.
Gatal karena adanya alergi
Gatal pada jenis ini pada umumnya merpakan bentuk reaksi terhadap konsumsi makanan tertentu seperti seafood, susu, berbagai macam kacang dan lain sebagainya. Bisa juga disebabkan oleh kosmetika, pewarna dan berbagai detergent, zat kimia juga logam dan racun hingga gigitan serangga. Untuk gatal masalah ini pengobatan yang bisa dilakukan yaitu dengan mengeluarkan atau menjauhkan zat yang menjadi penyabab alergi serta mengonsumsi obat anti-alergi yang bisa dibeli di apotek atau sesuai resep dokter seperti antihistamin. Salep atau minyak kayu putih juga bisa diberikan pada alergi akibat gigitan serangga pada telinga luar .
Gatal karena Infeksi
Gatal yang disebabkan karena infeksi biasanya merupakan bentuk reaksi terhadap infeksi mikro organisme terhadap tubuh anda. Bisa karena adanya cacar air, campak atau penyebab lain. Pengobatan jenis gatal ini biasanya dengan memberikan bedak talk atau salep salisil pada telinga luar dan minyak zaitun untuk lubang telinga. Hal ini disebabkan seiring penyembuhan penyakit utamanya rasa gatal juga akan hilang dengan sendirinya.
Gatal karena sebab Lain
Misalnya seperti suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, dalam proses pengobatan penyakit tertentu dan juga stres. Pengobatan yang bisa anda lakukan untuk jenis gatal ini yaitu menetralisasi suhu bisa juga pemberian bedak dingin sampai terapi relaksasi.
Gatal gejala dari penyakit erius
Misalnya karena selulitis atau infeksi pada kulit dan jaringannya, otitis kronis atau infeksi telinga luar persisten hingga otitis nekrotisasi atau infeksi telinga luar serius. Untuk pengobatan pada gatal telinga jenis ini obat dari resep dokterlah yang bisa menyembuhkannya misalnya krim steroid.

Itulah beberapa penyebab telinga gatal dan cara untuk mengobatinya. Pastikan terlebih dagulu jenis gatal yang menimpa Anda barulah obati sesuai dengan jenis gatal yang anda alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar