Minggu, 07 Desember 2014

Penyebab Hidung Berbau Dan Cara Untuk Menyembuhkannya

Mungkin beberapa dari kita pernah mengeluhkan nafas dari hidung berbau tidak enak di mana baunya seperti bau telur basi. Jika masalah ini terjadi berarti hidung Anda sedang mengalami gangguan dan tentu saja itu ada penyebab dan juga cara untuk menyembuhkannya.
Apabila bau berasal dari luar hidung itu pertanda bagus karena berarti organ penciuman Anda masih tajam. Tapi masalahnya bau tersebut berasal dari hidung. Anda harus bisa membedakan berasal dari manakah bau yang masuk ke dalam hidung tersebut.
Penyebab Hidung Berbau
Polip hidung
Untuk mengetahui masalah ini Anda dapat mencoba untuk berkonsultasi dengan dokter ahli THT. Polip hidung sangat banyak terjadi dan menyerang seseorang, hal ini karena muncul atau tumbuhnya daging di dalam hidung, tidak berbeda seperti tumor hidung. Daging yang muncul memiliki ciri berwarna putih juga keabuan.
Gigi berlubang
Ada kalanya masalah bukan dari hidung Anda ketika tercium bau. Tapi karena antara mulut dan hidung terdapat saluran maka bau yang timbul akibat dari mulut dapat tercium oleh hidung Anda. Salah satu penyebabnya bau ini karena gigi yang berlubang di mana dokter gigi tidak dapat menemukannya sehingga lubang gigi semakin membesar dan akhirnya menimbulkan bau busuk.
Bakteri
Bau busuk ditimbulkan bisa saja oleh bakteri dimana bakteri biasanya berada pada lendir hidung. Untuk lebih pastinya tetap disarankan untuk melakukan pemeriksaan di dokter THT.
Rhinitis atrofi
Penyakit Rhinitis atrofi belum diketahui penyebab pastinya namun gejala penyakit Rhinitis atrofi adalah kotoran hidung menjadi banyak juga ada terus menerus, jika sydah seperti ini maka Anda harus waspada.
Sinusitis
Sinusitis atau gangguan infeksi atau peradangan pada daerah cavum nasi juga bisa mengakibatkan hidung menjadi berbau tidak enak.

Cara Menyembuhkan Hidung Berbau
Setelah Anda mengetahui penyebab dari bau tersebut Anda bisa melakukan beberapa hal di ini untuk membantu meringankan penyakit tersebut :
·         Gigi bolong
Jika ternyata penyebab dari bau pada hidung Anda adalah gigi bolong maka segeralah tambal gigi Anda didokter gigi kepercayaan Anda. Anda juga bisa mencoba berkumur menggunakan air garam juga hindari minum teh basi.
·         Polip
Untuk mengatasi bau yang disebabkan polip sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter THT karena untuk mengatasinya Anda harus melakukan operasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar