Jumat, 12 Desember 2014

Tips Menjaga Kuku Kaki Dari Infeksi

Jempol kaki adalah sebuah topik yang tidak bosan-bosannya kita bahas, mulai dari bentuk yang aneh dan beda dari jari kaki yang lain sampai yang masih terus nge-hits dari dulu sampai sekarang yaitu bau khas yang berasal dari jempol. Sebenernya apa sih penyebab munculnya bau yang muncul dari pojokan kuku dan daging ini?
Mitos yang beredar di masyarakat luas penyebabnya adalah kaos kaki. Tapi penyebab dari bau tersebut adalah kurang bersihnya kaki terutama daerah tumit dan juga sela-sela jari.  Kuku yang menyebarkan aroma tidak enak ini pada umumnya disebabkan oleh infeksi mikro-organisme terutama kuman dan jamur.
Penyakit kuku yang paling sering berperan dalam penyebaran bau adalah:
·         Paronikia atau paronychia
·         Kandidiasis atau jamur kandida
Jika terdapat infeksi mikro-organisme yang terjadi pada pada kuku maka pengobatan diarahkan pada upaya untuk memberantas penyebab utamanya. Selain itu upaya pencegahan patut mendapatkan perhatian lebih agar kita terhindar dari infeksi pada kuku.
Di bawah ini tips beberapa perawatan kuku kaki agar tidak terjadi infeksi :
·         Teratur memotong kuku kaki namun jangan terlalu dalam dan jangan melebihi batas kuku bebas (ujung kuku) juga bagian kulit yang menyangga ujung kuku atau hiponikium.
·         Hindari mencongkel-congkel sisi kuku yang berbatasan langsung dengan kulit karena hal itu dapat menyebabkan infeksi.
·         Jaga kondisi kuku kaki agar tetap kering. Bagi Anda yang memiliki pekerjaan yang menuntut Anda untuk selalu berada di air maka usahakan mengeringkannya sesegera mungkin setelah tidak bersentuhan dengan air.
·         Bersihkan kuku kaki sampai sela-sela kuku setiap mandi dengan sabun juga gosok sela-sela jari hingga bersih.
Apabila Anda sudah melakukan langkah di atas namun belum bias menghilangkan bau maka Anda dapat mempertimbangkan serbuk atau bedak pengering sepanjang tidak menimbulkan iritasi dan juga efek samping. Selain itu usahakan alas kaki Anda tetap kering untuk menghindari kelembaban yang akan menimbulkan resiko bau tidak enak.

Jangan biarkan kaos kaki tak tercuci dan Anda pakai berhari-hari, karena hal itu bias menjadi pemicu bau kaki. Selamat bersih-bersih kuku kaki dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar