Kamis, 25 Desember 2014

Tips Alami Memerangi Bau Mulutba

Masalah bau mulut tentu bisa membuat Anda kurang percaya diri saat berbicara atau berinteraksi dengan orang lain. Bau mulut atau biasa disebut halitosis bisa terjadi karena beberapa hal seperti makan makanan tertentu yang memiliki bau tajam, rokok, penyakit gusi dan mulut kering atau adanya bakteri yang akhirnya akan mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur. Bau mulut juga bisa terjadi disaat Anda berpuasa, hal itu karena produksi air liur atau saliva akan berkurang sehingga bakteri yang ada di dalam  mulut berkembang biak dengan lebih cepat. Berikut ini beberapa tips memerangi bau mulut yang bisa menjadi solusi masalah Anda.
Tips untuk memerangi bau mulut yang pertama yaitu dengan menjaga kesehatan mulut.  Yaitu dengan dua kali sehari menyikat gigi setiap pagi dan sebelum tidur malam. Akan lebih baik jika Anda juga menyikat gigi sesudah makan terutama setelah makan makanan makanan yang mengandung asam di dalamnya. Disaat menyikat gigi bersihkan juga bagian langit-langit mulut dan lidah Anda, karena sisa makanan biasanya menempel pada bagian-bagian tersebut. Anda juga bisa menggunakan dental floss untuk membantu Anda dalam proses membersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin terselip di sela-sela gigi. Anda juga bisa menggunakan obat kumur untuk membantu membersihkan sisa makanan yang ada di dalam mulut, namun tidak dianjurkan menggunakannya terlalu sering karena hal itu bisa merusak keseimbangan bakteri baik yang ada di dalam mulut.
Selain itu hindari makan makanan yang berbau atau menyengat seperti bawang, durian, petai atau jengkol. Jika Anda masih sulit untuk menghindari makanan-makanan tersebut Anda bisa mengunyah permen karet atau permen mint untuk menetralisir bau yang ditimbulkannya. Mulut yang kering juga bisa menjadi penyebab timbulnya bau mulut. Untuk menghindarinya Anda bisa perbanyak minum air putih dan hindari kopi dan minuman beralkohol. Alkohol dan rokok juga dapat memicu terjadinya periodontitis dan gingvitis yang akan memperburuk kebersihan mulut.

Tips untuk memerangi bau mulut secara alami yaitu dengan mengonsumsi makanan-makanan seperti apel, strowberi dan daun mint. Tekstur dai buah apel yang keras akan membantu Anda menghilangkan plak pada gigi serta kandungan air dalam apel akan memberikan kebutuhan cairan untuk mencegah mulut kering dan memerangi bakteri jahat di dalamnya. Mengonsumsi stroberi juga akan berfungsi mencegah mulut kering sekaligus memberi asupan vitamin C yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat di dalam mulut. Sedangkan daun mint dapat menghilagkan bau tidak sedap akibat makan bawang bombay atau bawang putih sekaligus memberikan sensasi rasa segar di dalam mulut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar